Jumat, 18 November 2011

Buah Kiwi Berkhasiat Redakan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah apel sehari bisa menjauhkan Anda dari tingkat keseringan mengunjungi dokter. Namun, mengkonsumsi buah kiwi setiap hari terbukti lebih baik dalam menurunkan tekanan darah Anda.

Demikian hasil sebuah studi dalam pertemuan American Heart Association di Orlando baru-baru ini.

Kiwi, buah berkulit hijau kecokelatan, berdaging buah warna hijau atau keemasan, dan berbiji hitam kecil yang dapat dimakan ini ternyata berperan dalam penurunan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi dianggap sebagai faktor risiko untuk penyakit jantung, memang masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia.

Penelitian yang dipimpin oleh Mette Svendsen Oslo University Hospital di Norwegia ini melibatkan 118 orang dengan usia rata-rata 55 tahun. Para relawan dipilih dari kalangan yang memiliki tekanan darah agak tinggi.

Mereka dibagi dalam dua kelompok. Satu kelompok menambahkan tiga buah kiwi dalam menu makan sehari-hari, sementara kelompok lainnya menambahkan sebuah apel sehari.

Setelah delapan minggu, peneliti menemukan 24-jam sistolik kelompok pengkonsumsi kiwi itu tekanan darah rata-rata 3,6 milimeter air raksa lebih rendah dibandingkan dengan pemakan apel. Tekanan darah diastolik juga lebih rendah pada kelompok pengkonsumsi buah kiwi.

Buah kiwi sebelumnya telah dipercaya mampu membantu meningkatkan kesehatan kardio vascular, karena dapat mencegah akumulasi deposito plak pada dinding arteri jantung.

Kandungan lutein, flavonoid, nutrisi nabati, dan karotenoid pada buah khas Selandia Baru ini merupakan sumber antioksidan yang sangat baik sebagai pelawan penyakit kanker.

Sumber: CyberNews

0 komentar:

Posting Komentar