Rabu, 02 November 2011

10 Rahasia Pribadi yang Menjadikan Anda Menarik

Pertama, jadilah manusia yang berakhlak, niscaya anda akan mendapat nama yang baik.

Akhlak merupakan nilai terpenting dalam kehidupan. Akhlak menjadi salah satu unsur utama peradaban dan dasar kemanusiaan. Eksistensi suatu individu tergantung pada akhlaknya, jika akhlak telah lenyap, maka hancur pula individu tersebut. Bila anda ingin menjadi individu yang menarik bagi orang lain, pertama-tama anda harus menjadi pribadi yang menarik bagi diri sendiri terlebih dahulu. Itu tidak akan berhasil, kecuali anda mempunyai akhlak baik yang dikenakan kepada diri sendiri atau disebut dengan muru’ah (nilai-nilai kesopanan dan kehormatan diri). Jadilah orang yang memiliki muru’ah, karena muru’ah adalah bagian dari adab. Dengan akhlak mulia yang anda miliki, anda bisa membentuk hubungan-hubungan sosial yang luas. Dengan ucapan yang sopan, sikap yang lapang, tingkah laku yang bijak, dan pembawaan yang tenang, anda dapat membentuk relasi di mana-mana. Akhlaklah yang menarik orang lain kepada anda, sehingga anda benar-benar menjadi pribadi yang magnetis.

Kedua, tampakkan perhatian anda kepada orang lain.
Orang lain memandang diri mereka sama seperti anda memandang diri anda dan mereka memiliki perasaan yang sama seperti yang anda rasakan terhadap diri sendiri. Anda harus memahami hakikat hasrat kemanusiaan ini, bahwa perhatian anda terhadap orang lain dan usaha anda menampakkan perhatian ini akan menjadi sarana yang baik untuk mendapatkan kehormatan, simpati, dan cinta mereka. Sedangkan perhatian anda yang terlalu besar terhadap diri sendiri dan tidak adanya perhatian kepada orang lain akan mendatangkan musuh yang memandang anda dengan penuh hinaan dan cemoohan.

Ketiga, optimis dan semangat
Optimis merupakan salah satu sifat dasar bagi pribadi yang sukses. Optimis menanamkan harapan, menguatkan rasa percaya diri, dan mendorong kreativitas serta semangat bekerja. Hal ini merupakan unsur yang tidak bisa ditinggalkan dalam mewujudkan kesuksesan. Optimis merupakan ungkapan yang benar mengenai pandangan hidup yang positif. Orang yang optimis melihat kehidupan dengan penuh harapan, baik pada masa sekarang maupun masa yang akan datang. Bagaimanapun berat dan banyaknya tantangan yang dihadapi manusia dalam kehidupan, maka harapan harus mengalahkan patah semangat, optimis mengalahkan pesimis, dan cita-cita mengalahkan putus asa.

Kempat, rendah hati kepada semua orang
Di antara faktor terpenting bagi kesuksesan hubungan sosial adalah rendah hati kepada semua orang, orang yang rendah hati akan dicintai dan dihormati semua orang. Timbal baliknya, siapa saja yang menghormati orang lain, maka orang lain akan menghormatinya.
Tidak ada seorang manusiapun menyukai orang yang sombong, membanggakan diri, merasa lebih hebat dari teman-temannya, yang angkuh dalam cara berjalan dan perkataannya. Tak ada seorangpun yang akan menerima kesombongan orang lain dan tak ada satu makhlukpun yang tunduk terhadap keangkaramurkaanya. Bahkan membalas dengan sikap sombong adalah balasan yang setimpal untuk menjatuhkan kesombongannya
Kepada orang mukmin yang baik, kita harus bersikap tawadhu’. Sedangkan kepada orang yang sombong, kita tidak pantas berendah hati kepadanya.

Kelima, jangan mudah marah
Marah merupakan penyakit jiwa paling buruk yang mempengaruhi tingkah laku manusia. Karena dengan marah, manusia kehilangan keseimbangan akal dan mentalnya. Dengan kata lain, marah adalah lepasnya akal dan mengikuti hawa nafsu.
Sikap tenang adalah salah satu tanda kesuksesan. Tenang menunjukkan pribadi yang mantap. Tenang merupakan tanda bagi manusia yang sadar dan beradab. Kebalikannya adalah orang yang gampang marah karena sebab yang remeh, dan mudah uring-uringan karena hal yang sepele.
Marah menunjukkan manusia yang lemah kepribadian dan kehendaknya. Gunakan kesopanan anda kepada orang-orang yang berbuat jahat kepada diri anda. Berbicaralah dengan bahasa yang lembut dan ramah! Karena inilah jalan tercepat untuk mendapatkan hati dan kekaguman mereka.

Keenam, belajarlah tersenyum
Sihir yang bisa memikat hati orang lain dan memperdaya kalbunya adalah senyuman. Senyuman yang tulus merupakan salah satu unsur penting dalam hubungan manusia. Juga dalam membentuk persahabatan yang kekal, menjalin ikatan kekeluargaan dan dalam semua hubungan kemanusiaan, antara saudara dengan saudaranya, antara teman dengan temannya, antara pimpinan dan bawahan. Senyum menunjukkan rasa cinta dan senang kepada orang yang mendapatkannya.
Senyuman merupakan perbendaharaan yang mahal akan tetapi anda tidak perlu mengeluarkan satu dirham atau satu dolar pun untuk mendapatkannya. Senyuman merupakan kunci segala kebaikan dan penutup semua kejelekan.
Senyumlah selama anda masih bernafas!

Ketujuh, jangan lupa memberi hadiah
Hadiah adalah ungkapan cinta, ketulusan, dan keikhlasan kepada orang lain. Hadiah adalah kunci untuk membuka hubungan-hubungan baru dan persahabatan yang kuat, sebagaimana pula, hadiah adalah solusi yang paling tepat untuk menghilangkan permusuhan, kebencian dan dendam. Hadiah tidaklah dilihat dengan nilai materinya semata, namun dihargai dengan nilai maknawinya; dengan simbol yang ditunjukkan, berupa rasa cinta, ketulusan, dan sifat yang baik dengan andil yang diberikan, sehingga membuat suasana menjadi baik serta harmonis.
Hadiah tidak boleh disalahgunakan sebagai suap. Orang yang memiliki kepentingan tidak boleh memberikan hadiah kepada seseorang yang mengurus kepentingannya agar cepat selesai.

Kedelapan, perhatikan penampilan anda
Berhubungan dengan orang lain merupakan sebuah proses yang sangat komplek, meliputi berbagai macam sisi. Dalam diri manusia ada akal yang berpikir, mulut yang berbicara, anggota badan yang bergerak serta bentuk penampilan yang tampak. Di antara hal yang penting salah satunya adalah penampilan pribadi, mulai dari bentuk fisik, kerapihan, sampai cara berpakaian.
Sangat penting apabila keindahan lahir seimbang dengan keindahan batin. Ketika batin dan lahir dalam satu lukisan, dengan warna yang serasi dan tujuan yang sama, maka akan menjadi lukisan yang sangat indah dan menakjubkan.

Kesembilan, kuasailah seni berbicara
Kata-kata yang bagus, jujur, dan ekspresif, memiliki pengaruh laksana sihir. Kata-kata tersebut dapat membuka hati yang tertutup dan mempengaruhi jiwa yang sensitif. Perkataan anda adalah kekuatan terbesar yang anda miliki. Jika anda menjaganya dengan baik, mengasah dan menjaganya sesuai tempatnya, maka anda akan mendapatkan cinta orang lain, kepercayaan mereka, dan anda telah melapangkan jalan bagi diri anda menuju kesuksesan.
Pengetahuan anda mengenai kapan harus memulai berbicara, bagaimana mengatur pembicaraan, bagaimana menyampaikan pikiran-pikiran anda kepada orang lain dengan penuh ketenangan dan dan realistis adalah unsur terpenting dalam seni berbicara yang bagus.

Kesepuluh, kuasailah seni mendengar dan memperhatikan
Bila anda ingin menjadi pembicara yang cakap, maka jadilah pendengar yang pandai. Jangan memotong pembicaraan orang yang sedang berbicara, namun doronglah ia untuk terus berbicara sampai selesai, supaya dia memperlakukan anda dengan perlakuan yang sama. Dengarkan dia sebagaimana anda ingin dia mendengarkan anda.
Banyak orang tidak suka mendengarkan orang lain, karena berbagai macam sebab. Barangkali sebab yang paling utama adalah usaha orang tersebut untuk menunjukkan superioritasnya kepada lawan bicara. Namun hasilnya adalah, usaha lawan bicara untuk mengalahkan orang yang memotong perkataannya. Demikianlah, aksi dan reaksi dimulai. Hasilnya semakin menambah pertentangan, rasa marah, iri dan kebencian.


Disadur dari:
M. Ali Ghanim Ath-Thawil. 2010. Mencetak Pribadi Magnetis. Solo: Era Intermedia.

0 komentar:

Poskan Komentar