Banyak orang merasa kesulitan di tempat kerja dikarenakan ada celah antara dia dan atasan. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa digunakan untuk meminimalisir hal tersebut.
- Memuja profesionalisme. Bersikap profesional. Patuh pada aturan main perusahaan.
- Selalu mengatakan “Siap” saat mendapatkan tugas.
- Jangan pernah mengatakan, “Tidak bisa” atau “Tidak tahu”. Siap laksanakan dan segera cari tahu supaya bisa.
- Berikan alternatif B dan C untuk berjaga-jaga bila rencana A menghadapi jalan buntu.
- Selalu melaporkan perkembangan tugas yang diberikan. Jangan biarkan atasan menunggu dengan diliputi tanda tanya.
- Selalu siap mengerjakan tugas meskipun tugas tersebut tidak termasuk dalam job description. Tugas adalah kepercayaan. Seseorang yang diberi tugas adalah seseorang yang dipercayai bisa menjalankan tugas tersebut dengan baik. Menerima tugas baru artinya juga siap mendapatkan ilmu baru.
- Tawarkan diri apalagi yang bisa dibantu saat pekerjaan sebelumnya sudah selesai.
- Jangan membicarakan hal-hal buruk mengenai kolega pada atasan. Atasan akan tahu, seseorang yang membicarakan keburukan orang lain di depannya, bisa jadi juga mudah membicarakan keburukan dirinya di belakangnya.
- Memahami baik-buruk karakter atasan. Bersikap lentur sehingga mudah menyesuaikan diri dengan perubahan.
- Pelajari seni memimpin sehingga siap menggantikan posisi atasan kapanpun dibutuhkan, bisa di perusahaan tempat bekerja sekarang ataupun perusahaan di tempat lain yang sedang membutuhkan pemimpin.
Sumber: Arimbi Bimoseno
0 komentar:
Posting Komentar