Senin, 05 Desember 2011

5 Cara Agar Anak Gemar Membaca

Buku adalah jendela dunia dan jendela ilmu. Maka, sudah sepantasnya jika kegiatan membaca dijadikan sesuatu yang wajib semenjak anak-anak masih kecil. Namun sayang, begitu banyak alasan yang membuat anak jadi tidak suka membaca. Dan kita sebagai orang tua, seharusnya membiasakan si anak agar gemar dalam membaca serta membuat kegiatan membaca itu menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi si buah hati.

Berikut beberapa tips agar si anak gemar dan senag membaca.

1.) Berikan Dia Contoh Rajin Membaca.
Seorang anak akan meniru apa yang dilakukan si orang tua. Sebelum Anda meminta anak Anda gemar membaca, ada baiknya jika Anda gemar membaca terlebih dahulu. Setelah itu, ajak si Anak untuk membaca setiap hari, meski hanya satu jam perharinya. Dengan begitu, anak akan terbiasa dan akan menganggap membaca itu menjadi sesuatu yang menyenangkan.

2.) Berilah tempat yang nyaman untuk membaca.
Anda bisa menggunakan kursi empuk atupun sofa untuk tempat duduk ketika mengajak anak Anda membaca.

3.) Biarkan anak memilih buku yang akan dia baca.
Dengan begini, akan membuat si Anak tetap tertarik dalam membaca. BEgitu pula jika Anda mengajaknya rutin dalam mengunjungi perpustakaan, maka minat membacanya akan tumbuh.

4.) Ceritakan kembali pesan moral dalam cerita tersebut.
Setelah Anak membaca buku, ceritakanlah kembali apa yang ingin disampaikan buku tersebut. Dan berilah penekanan pada kata-kata yang dianggap penting yang bisa memberikan manfaat kepada mereka.

5.) Pancing sifat kritis anak anda.
Dengan memberikan beberapa pertanyaan kritis seperti, "Apa yang kamu dapat dari cerita ini?" ; "Cerita mana yang membuatmu terkesan?'' 

Sumber: TipsFastLineNews

0 komentar:

Posting Komentar